Monday, October 23, 2017

Cara Menghapus Chromium Yang Terbuka Sendiri Di Komputer

Apa Itu Chromium ??

Chromium merupakan project open-source browser yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman browser agar lebih cepat, aman dan stabil. Banyak yang bilang kalau Chromium itu adalah virus, termasuk saya. karena kedatangan Chromium ini sangat misterius yang tiba-tiba terpasang dan terbuka sendiri saat komputer atau laptop dinyalakan (saya sendiri mengalaminya).
Dilansir dari wikipedia indonesia, Chromium bukanlah sebuah virus, melainkan sebuah browser open source yang dikembangkan oleh proyek Chromium. konon, browser terkenal seperti Google Chrome itu awalnya berasal dari Chromium yang diambil kode sumbernya oleh Google Chrome. Mungkin chromium gk sudi di ambil kode sumbernya, mangkanya Chromium itu selalu ada ntah datangnya dari mana jika komputer kita terpasang Google Chrome. Bahkan saat Chromium sudah di uninstall, browser ini akan kembali muncul lagi.

Cara Uninstall Chromium

Buat sobat yang udh muak dengan kedatangan chromium ini, Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan men-Uninstall browser Chromium dari komputer sobat.


  1. Pergi ke Control Panel dengan cara pilih Start atau tekan logo windows yang ada di keyboard komputer lalu pilih Control Panel.
  2. Lalu pilih Program/Uninstall Program ( nama mungkin berbeda sesuai windows yang sobat pakai )

Cari Chromium dan klik Uninstall


Jika sudah di unisntall, selanjutnya yaitu dengan cara menghapus folder Chromium yang ada di Disk (:C), biasanya folder tersebut bersifat tersembunyi, dan sobat harus menampilkannya terlebih dulu.


  1. Buka Windows Eksploler > Klik alt + v secara bersamaan dan centang kotak Hidden Items
  2. Pilih Local Disk (:C) > Users > Pilih nama user komputer yang sobat pakai
  3. Pilih folder AppDAta > Local > Cari folder Chromium dan hapus folder tersebut.

Chromium pun sukses di hilangkan dari komputer.

Kesimpulan

Untuk antisipasi kalau Chromium tersebut sebuah Virus,sebaiknya setelah melakukan cara-cara di atas sobat bisa melakukan scan di software antivirus yang ada di komputer sobat. Buat jaga-jaga saja.


Terima Kasih :)


EmoticonEmoticon