Monday, November 13, 2017

Hal Yang Harus Dilakukan Jika Smartphone Android Terendam Air


Smartphone sobat tidak sengaja terendam air?? atau hanya sekedar ingin tau hal apa yang harus dilakukan bila smartphone terendam??. Kejadian seperti ini sering sekali saya alami. Kejadian serupa pula, baru-baru ini dialami oleh saudara saya yang sedang Camping untuk Penerimaan Siswa Baru/PTA di Gunung Mas - Bogor. Setelah itu saudara saya mencoba untuk menyalakan smartphone alhasil layar pun bisa menyala normal tetapi lama kelamaan layar menjadi berwarna hijau.

Sekarang sudah banyak vendor-vendor yang merilis smartphonenya tahan air dan debu, tetapi hanya sedikit yang menggunakan perangkat tahan air tersebut jika dibandingkan dengan seluruh smartphone yang tersebar di indonesia.

Yang Harus Dilakukan Jika Smartphone Terendam Air


1. Kalau merasa didalam smartphone masih ada air, sebaiknya jangan langsung dihidupkan, walaupun hidup tapi tidak akan lama ( seperti kejadian saudara saya )

2. Cabut kartu sim, memory, dan baterai.

3. Lap menggunakan lap kain kering atau tisu.

4. Jangan meniup, mengguncang/menepuk smartphone, karena air yang ada di dalam smartphone sobat akan menyebar ke komponen lain.

5. Sobat punya obeng??.. Klo punya sobat bisa membongkar casing dan melepaskan komponen-komponen smartphone semampunya dengan hati-hati.

6. Kalau sobat gk punya obeng, sobat bisa menaruh smartphone di dalam bakul beras, karena beras bisa menyerap partikel-partikel air yang kecil.

7. Gunakan vacum cleaner untuk menyerap air.

8. Jangan menggunakan hairdryer, karena panas yang dihasilkan mungkin bisa merusak komponen smartphone, Sobat bisa taruh didepan kipas angin semalaman.

9. Jangan di jemur dibawah sinar matahari langsung karena bukannya air di smartphone hilang tetapi malah menguap dan mengendap di dalam.

Kesimpulan


Sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan air berada di dalam smartphone,dan pastikan tidak ada air yg tersisa, karena akan menyebabkan krosi/karat dan mengakibatkan kerukerusakan pada smartphone sobat.


EmoticonEmoticon